Subscribe For Free Updates!

We'll not spam! We promise.

Saturday, April 12, 2014

OPERASI FILE LINUX

OPERASI FILE LINUX
     Setelah kita mempelajari input output pada linux, selanjutnya kita menuju keOperasi File dan Struktur Direktori. Tujuan kita untuk mempelajarinya adalah untuk memahami organisasi file dan direktori pada sistem operasi linux, menciptakan dan manipulasi direktori, dan memahami konsep dan symbolic link.
Di Operasi File dan Struktur Direktori ini, ada beberapa bagian yang dijelaskan pada postingan kali ini. Mari kita ulas.
1. Organisasi File
Sistem file pada linux menyerupai pepohonan, yaitu dimulai dari root, kemudian direktori dan sub direktori. Kita dapat menciptakan File dan Direktori mulai dari root ke bawah. Direktori adalah file khusus yang berisi nama file dan INODE.

2. Direktory Standar

setelah proses instalasi, Linux menciptakan file yang baku yang terdiri atas /etc, /dev, /bin, dll yang juga mempunyai fungsi yang beda pula yaitu /etc yang akan menampilkan isi file administrative dan file executable, /dev yang akan menampilkan isi file khusus yang mereprentasikan peralatan hardware seperti memori, disk, printer, tape, floppy, dll. /bin yang berisi utilitas sistem level rendah. Mari kita coba percobaannya yaitu melihat direktori home menggunakan perintah $pwd
 
3. Melihat Isi File
Untuk melihat jenis file, gunakan format :
file filename(s)
Isi file akan dilaporkan dengan deskripsi level tinggian seperti level berikut
$ file myprog.c letter.txt webpage.html
Dalam perintah diatas, pada myprog.c akan menampilkan isi dari file.c, letter.txt akan menampilkan isi dari file letter.txt, dan pada webpage.html akan menampilkan isi dari file webpage.html.
 
5. Mencari File
Kita bisa mencari file di linux pada terminal dengan mengetikan perintah-perintah tertentu. Perintah find, akan melihat file berdasarkan nama file yang diketikkan setelah mengetik perintah find. Perintah which, untuk mengetahui letak file.
 
   Kesimpulannya dari semmua percobaan diatas, kita bisa melihat direktori home melalui perintah $ pwd, melihat isi file menggunakan perintah $ file , mencari file menggunakan perintah $ find diikuti dengan mengetikkan perintah-perintah selanjutnya secara mendetail untuk mencari file tersebut.

  Proses adalah Program yang sedang dieksekusi. Setiap kali menjalankan suatu program, Sistem UNIX melakukan suatu fork, yaitu melakukan beberapa urutan operasi untuk membuat suatu proses konteks dan kemudian mengeksekusi program tersebut dalam konteks yang sudah dibuat. Oleh karena itu kita harus menguasai Manajemen Proses Linux. Manajemen Proses Linux adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang Teknisi Komputer. Kenapa? Karena selain kita mengetahui proses di Windows, kita harus tahu proses di Linux dan dengan penguasaan manajemen prose ini kita bisa mengetahui proses apa saja yang running pada setiap user. Atau dalam suatu jaringan juga kita bisa melakukan controlling terhadap proses setiap client.

      Dalam Manajemen proses beberapa hal penting yang harus dikuasai, yaitu :
1. Mengetahui proses yang terjadi Linux
2. Dapat melakukan proses controlling terhadap proses di Linux
3. Menghentikan proses yang tidak dibutuhkan dan mengurangi performa Linux

Untuk itu kita harus mempelajari Manajemen Proses pada Linux. Perintah inti dari proses manajemen proses di Linux adalah :
1. ps

2. kill

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment